STISA PAMEKASAN 7
PEDOMAN AKADEMIK
Tiap masa berbeda-beda. Pendidikan tumbuh dan berkembang dalam lingkungan kehidupan masyarakat dan masyarakat dapat tumbuh dan berkembang maju seirama dengan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Salah satu faktor yang paling vital untuk memenangkan persaingan global adalah tersedianya sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional. Oleh karena itu upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan profesionalisme dalam berbagai bidang penghidupan dan kehidupan masyarakat harus menjadi niscaya dalam pembangunan suatu institusi, bahkan suatu negara. Fakta menunjukkan bahwa bangsa atau negara yang memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi dapat menguasai dan mengontrol kehidupan manusia yang lain (baik produk maupun jasa pelayanan). Sebaliknya negara- negara berkembang yang sampai saat ini belum dikatagorikan sebagai negara maju, memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap negara maju. Oleh karena itu negara berkembang harus berusaha mengejar ketertinggalan mereka dengan memacu peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan pendidikan dan kualitas pendidikannya.
Pondok Pesantren As-Salafiyah Sumber Duko berpandangan bahwa dorongan untuk memajukan pendidikan di Indonesia bukan hanya karena visi mencerdaskan kehidupan bangsa yang tercantum dalam UUD 1945, namun spirit pengembangan pengembangan pendidikan di Indonesia juga tidak lepas dari status bangsa Indonesia sebagai suatu bangsa dan negara dengan penganut agama Islam terbesar di dunia. Kemajuan pendidikan di Indonesia adalah kemajuan ummat Islam juga. Kesejahteraan rakyat Indonesia merupakan kesejahteraan ummat muslim juga. Islam sendiri mendidik dan mendorong pemeluknya untuk terus maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Sejarah risalah dan nubuwah Rasulullah S.A.W mencatat bahwa beliau telah berhasil mengubah tatanan peradaban jahiliyah menjadi tatanan peradaban yang maju, cerdas, ilmiah, dan menjadi contoh bagi peradaban moderen sekarang ini. Nilai yang diajarkan oleh Rasulullah S.A.W pada ummat mabusia telah merubah kehidupan merekamenjadi lebih baik.
Pondok Pesantren As-Salafiyah Sumber Duko sebagai sebuah institusi yang telah lama malang melintang sebagai penyelenggara pendidikan berupaya mengambil perannya yang strategis guna melanjutkan perjuangan baginda Rasulullah S.A.W dan melaksanakan amanah para founding fathers untuk mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Sementara masyarakat pamekasan pada umumnya santri yang mempunyai minat yang tinggi terhadap kajian ilmu keagamaan di lembaganya. Hal ini mendorong Pondok Pesantren As-Salafiyah Sumber Duko untuk melengkapi –
STISA PAMEKASAN 8
PEDOMAN AKADEMIK
Tingkat pendidikan yang selama ini sudah ada (yakni Madrasah Diniyah, TK, MI, MTs, MA dan SMK) dengan sebuah institusi perguruan tinggi yang tentu dengan tetap berpegang teguh pada budaya luhur yang hampir satu abad menjadi langgam kehidupan sehari-hari di Pondok Pesantren As-Salafiyah Sumber Duko, yakni budaya kepesantrenan.
Berdasarkan pokok-pokok pikiran dan latar belakang seperti tersebut di atas, maka Yayasan As-Salafiyah Sumber Duko Pakong Pamekasan Jawa Timur memandang perlu mendirikan sebuah Perguruan Tinggi Agama Islam dengan alasan-alasan sebagi berikut:
01
Mempermudah akses masyarakat guna pemerataan pendidikan di wilayah Pamekasan Jawa Timur.
02
Menyediakan fasilitas pendidikan tingkat perguruan tinggi dan membantu masyarakat ekonomi lemah yang tidak mampu menyekolahkan anaknya keluar luar daerah.
03
Membantu program pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia dan menyiapkan tenaga profesional.
Gayung bersambut, ikhtiar untuk mendirikan sekolah tinggi ini mendapat sambutan yang baik dari pemerintah dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 2733 Tahun 2016 tentang ijin pendirian sekolah tinggi di lingkungan Pondok Pesantren Sumber Duko dengan nama Sekolah Tinggi Ilmu Syariah As Salafiyah Sumber Duko.
– STISA Pamekasan